kreuzung.eu.org

Bantu Kurangi Kecanduan Gadget, Google Rilis 3 Aplikasi

Bantu Kurangi Kecanduan Gadget, Google Rilis 3 Aplikasi

Jakarta –¬†Google memang telah menunjukan inisiatifnya untuk mengurangi penggunaan ponsel lewat Digital Wellbeing. Kali ini, mesin pencarian raksasa itu juga merilis 3 aplikasi sekaligus. Kabarnya, ketiga aplikasi diklaim mampu mengurangi kecaduan gadget.

Melansir dari laman GSMArena (22/01), ketiganya memiliki peran yang berbeda. Bahkan, salah satu diantaranya menawarkan amplop khusus untuk menyimpan ponsel. Adapun cara ini dinilai bisa mengurangi penggunaan ponsel.

Envelope

Envelope, Aplikasi Google yang Bantu kurangi kecaduan gadget

Pertama, aplikasi bernama Envelope secara khusus digulirkan Google bagi pengguna Pixel 3A. Uniknya, aplikasi ini menggunakan amplop untuk menyimpan ponsel. Nantinya ponsel pengguna bakal disimpan dalam amplop khusus guna membatasi pemakaian.

Cara kerjanya, pengguna cukup mengunduh aplikasi Envelope di Play Store. Kemudian, ikuti instruksi untuk mencetak PDF dengan pola amplop. Selanjutnya, pengguna hanya perlu memasukan Pixel 3A ke dalam amplop serta buka aplikasi Envelope.

Baca juga: Cara Backup Foto dan Chat WhatsApp di Google Photos dan GDrive

Nantinya, pengguna cukup menekan keypad yang telah terbentuk dalam pola amplop tadi. Adapun keypad tersebut berfungsi untuk melakukan panggilan telpon darurat.

Activity Bubbles and Screen Stopwatch

Activity Bubbles, Aplikasi Google

Aplikasi kedua dan ketiga memiliki fungsi yang hampir mirip layaknya live wallpaper. Keduanya juga sama-sama menampilkan durasi waktu bermain ponsel. Bedanya, ‘Activity Bubbles’ menampilkan durasi berupa wujud gelembung yang semakin besar sesuai dengan durasi waktu. Semakin lama ponsel digunakan, maka gelembung bakal semakin besar.

Screen Stopwatch, Aplikasi Google

Sedangkan, Screen Stopwatch hadir berupa live wallpaper dengan wujud stopwatch. Pencatat waktu itu menampilkan durasi secara real-time penggunaan ponsel Anda. Nanti jika ponsel dan layar tidak aktif atau terkunci, maka secara otomatis ‘Screen Stopwatch’ akan berhenti. Sebaliknya, jika aktif, akan secara otomatis menghitung durasi waktu penggunaan ponsel.

Tak seperti aplikasi Envelope yang khusus Pixel 3A, Activity Bubbles dan Screen Stopwatch tiba bagi semua Android Oreo 8.0. Bagi yang ingin mendapatkannya bisa mengunduh langsung dalam Play Store.